Wisata Indonesia

Ayok Liburan Yuk^_^

Berpikir dengan santai, dan rencanakan Perjalanan Anda. Kemana dan Kegiatan apa saja, JANGAN ragu untuk membahas rencana tur perjalanan anda dengan tim yang sudah berpengalaman. Kami siap membantu merencakan dan menyiapkan kebutuhan perjalanan anda. Silahkan layangkan email ke kami.

Kembali Ke Halaman Utama Versi Bahasa Inggris

Pendakian Gunung Merapi

pendakian gunung merapi.Pendakian gunung Merapi termasuk salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia yang termasuk dalam daerah cincin api. Siklus meletus gunung Merapi adalah 4 tahun sekali, namun hingga letusan terakhir tahun 2010, gunung Merapi belum meletus lagi sampai di tahun 2016. Selain terkenal dengan mitos-mitos yang cukup menarik, pendakian Gunung Merapi juga menarik minat para pecinta alam untuk melihat puncak garuda yang baru.

Pendakian gunung Merapi yang berada diantara propinsi DI Yogyakarta dan Jawa Tengah merupakan salah satu gunung api paling aktif di indonesia. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang cukup angker karna puncaknya dipercaya sebagai istana para makhluk halus. Gunung Merapi juga merupakan gunung yang cukup penting di Jogja. Konon, letak gunung ini berada satu garis lurus dengan keraton jogja, jl Malioboro dan dan tugu Jogja.

Meski punya cerita mistis dan juga masih sangat aktif, gunung Merapi merupakan salah satu gunung favorit para pendaki di Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya jumlah pendaki yang melakukan pendakian ke gunung Merapi setiap harinya. Terutama saat hari libur.

Padahal, track pendakian gunung Merapi sendiri cukup susah dan membuat lelah. Terutama untuk para pendaki pemula. Tapi tetap saja, yang namanya jiwa petualang memang susah dibendung. Sesulit apapun track pendakian, akan tetap ditempuh demi memenuhi panggilan jiwa dan mendekatkan diri dengan alam.

Gunung Merapi memang menawarkan pesona yang sangat indah dan menantang. Bisa menaklukkan gunung ini akan memberikan pengalaman hidup yang sangat berharga.

pendakian gunung merapi.

Pendakian Gunung Merapi

Basecamp ke Pos bayangan 1: 1 jam
Pos Bayangan 1 ke pos 1: 1,5 jam
Pos 1 ke Pos 2: 1,5 jam
Pos 2 ke Pasar Bubrah: 1 jam
Pasar Bubrah ke Puncak: 1 jam

Perlengkapan personal:
Pakaian hangat: Jaket gunung, daleman secukupnya
Sleeping bag
Tas gunung/carrier
Masker
Senter
Jas hujan
Gaiter / pelindung pasir
Sepatu gunung (sangat disarankan karna track menuju puncak merupakan track berpasir)
Obat-obatan pribadi
Kalau diperlukan bisa bawa sunblock
Perlengkapan pendukung seperti kompas, pisau serba guna, korek dll

Perlengkapan kelompok
Tenda dengan kapasitas sesuai anggota
Perlengkapan masak dan makan
Logistik secukupnya
Air mineral ukuran 1500ml minimal 2 botol per orang
P3K

Perlu dicatat, tidak ada sumber air selama pendakian. Jadi, pastikan bekal air mencukupi untuk kebutuhan naik dan turun. Waktu tempuh pendakian sampai ke puncak membutuhkan waktu sekitar 4-6 jam tergantung irama pendakian.

Jalur pendakian yang sering digunakan adalah pendakian via Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, tepatnya di desa Tlogolele, sebuah desa yang terletak di antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Bisa juga melalui Kaliurang, Kec.Pakem, Kab.Sleman, Yogyakarta namun membutuhkan waktu lebih lama sekitar 7 jam ke puncak karena jalurnya yang terjal. Di Pos New Selo, pendaki bisa mendaki gunung Merapi dan juga Gunung Merbabu. Kadang pendaki mendaki secara bergantian sehingga muncul istilah populer kedua gunung ini sebagai 2M. Pendakian ke Gunung Merapi via New Selo dimulai dari jalur beraspal yang menanjak dari basecamp sekitar 10 menit, hingga sampai di tempat bertuliskan New Selo yang terpampang layaknya tulisan Hollywood. Setelah itu jalur berupa tanah padat yang menanjak melewati perkebunan penduduk.

Setelah 1 jam perjalanan dari New Selo akan tiba di sebuah shelter pos bayangan 1 yang bisa digunakan untuk beristirahat. Pendakian Gunung Merapi dilanjutkan dengan medan yang didominasi trek berbatu. Sekitar 1,5 jam perjalanan akan sampai di pos 1 dimana ada 2 shelter untuk istirahat. Lalu dengan trek yang sama hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk sampai di pos 2.

Trek selanjutnya menjadi trek full bebatuan dengan jalan yang masih menanjak tanpa bonus. Perlu diperhatikan juga karena bebatuan rawan jatuh, jadi berhati-hatilah saat bertumpu pada bebatuan. Sekitar 1 jam mendaki akan sampai di batas vegetasi berupa trekkerikil dengan jalan yang tidak terlalu menanjak, itu berarti pasar bubrah semakin dekat. Ambil jalur ke kiri untuk menuju ke Pasar Bubrah. Pasar bubrah adalah pos terakhir di kaki puncak Gunung Merapi. Lokasinya luas, berupa tanah padat berpasir yang tandus. Gunung Merbabu akan tampak jelas dari sini.

Pendakian ke puncak Gunung Merapi kini tidak diperkenankan lagi. Dengan adanya pemasangan cctv serta berita adanya blacklist dari pendakian ke sejumlah gunung tertentu dan pihak pengelola tidak bertanggung jawab jika masih ada pendaki yang nekat naik ke puncak Gunung Merapi. Mendaki ke puncak Gunung Merapi membutuhkan waktu sekitar 1 jam dengan trek berpasir sebelum berubah menjadi trek bebatuan terjal. Perlu diperhatikan juga karena bebatuan besar rawan jatuh di area ini. Bibir kawah Merapi berupa jurang menganga lebar yang selalu menyambut pendaki setibanya di atas. Kawah Gunung Merapi yang masih aktif mengepulkan asap belerang pekat dibawah jurang sedalam ratusan meter.

Puncak Garuda yang menjadi legenda telah hilang setelah letusan Gunung Merapi tahun 2010 yang menyisakan puncak berbentuk limas. Untuk menuju ke puncak Limas, harus naik ke arah kanan, melipir dinding batu yang cukup extrim. Puncak Limas berbentuk runcing seperti tusuk gigi menjulang tinggi di atas kawah Merapi. Oleh karena itu sebaiknya pendaki tidak mencoba naik ke atas puncak Limas.